Jumat, 13 September 2013

Yakin masih mau ngeluh?


Foto ini gue ambil beberapa bulan yang lalu, tanggal 14 Juni 2013 pas gue balik ngampus lagi nunggu bus di perempatan Kayu Jati alias persis di seberang GOR Rawamangun. Gue buru-buru ngambil tablet gue dari tas takut gak jadi dapet moment sebagus ini.

Kenapa gue bilang moment bagus?
Ya iya lah, menurut gue ini foto bisa jadi pelajaran buat kita-kita yang bisa dibilang sempurna anggota tubuhnya, lengkap semua ada tanpa kekurangan tapi masih suka ngeluh atas apa yang udah kita dapet, istilahnya masih kurang aja lah. Nyokap gue berkali-kali suka bilang ke gue "Jadi orang jangan selalu melihat keatas, maka kamu gak akan bisa bersyukur. Coba selalu melihat kebawah, kamu akan mensyukuri apa yang kamu punya, lebih bagus kalo kamu tergerak buat membantu yang ada dibawah kita. Inget tangan diatas lebih baik daripada tangan dibawah." kalimat nyokap itu yang selalu gue jadiin pegangan gue buat selalu bersyukur atas apa yang gue punya selama ini.

Gue suka keki sendiri kalo liat tweet orang yang suka ngeluh dalam hal apapun yaaa contohnya karena gak diturutin permintaannya misalnya mau ganti hp, padahal hp nya masih waras-waras aja apalagi yang sampe maki-maki orang tuanya di sosial media, atau ada juga orang yang isi timeline twitternya ngeluuuuuuh terus ya sesekali boleh lah ngeluh karena dosen gak dateng, kuliah gabut, atau capek karena seharian abis pergi-pergi, tapi gak ngeluh karena nyalahin kehidupan yang udah kalian dapet, karena belum tentu apa yang udah kalian dapetin bisa didapetin orang lain bahkan banyak orang lain yang merindukan kehidupan layaknya yang kalian dapetin sekarang. Orang tua, beliau juga gak pantes kalian salahin atas kehidupan yang udah beliau kasih ke kalian, coba pikirin suatu saat kalian bakal jadi orang tua juga, apa kalian bisa menjamin anak kalian juga bakalan dapet kehidupan yang baik? Hehe jadi daripada menyalahkan orang tua, orang lain, bahkan yang lebih semena-mena menyalahkan Tuhan atas hidup yang udah kita dapet mending bikin tekad buat ngerubah kehidupan kita sendiri seperti yang kita harepin, stop bergantung sama orang lain. Ini hidup kita kalo bukan kita yang merubah, siapa lagi? :D

Balik lagi ke foto keren diatas (secara gue yang ngambil) hahaha gue pernah jadiin foto itu display picture di BBM banyak yang muji, pernah gue upload juga di Path banyak juga yang komen. Gue salut banget sama orang itu secara disebelahnya dia, sebelahnya lagi pada naik kendaraan yang bermesin tinggal ngegas juga jalan, kemana-mana enak gampang, sedangkan dia? Dia mesti pake tangannya supaya kursi rodanya bisa jalan.
Lama? Iya pasti.
Pegel? Iya juga.
Capek? Ya pasti capek banget lah.
Tapi dia pede aja tuh nyebrang ya nyebrang aja, jalan ya jalan aja, gak bergantung sama orang lain padahal dia punya kekurangan. Biasanya kan orang-orang yang punya kekurangan kaya gitu kemana-mana dianter, mau apa-apa diambilin, tapi dia engga, dia usaha sendiri, pergi-pergi lewat jalan raya gede pula. Salut!!
Jujur gue pas liat pengen nangis, gue langsung ngebayangin seandainya gue jadi orang itu pasti gue gak bisa sekuat dia. Coba gue dikasih kesempatan buat ngobrol sama orang itu, gue bakal seneng banget dan pasti banyak banget yang gue pengen tanya ke dia. Kaya dia pernah ngeluh gak, pernah ngerasa sedih gak sama keadaannya, hal-hal apa yang bikin dia terus semangat, terus keseharian dia gimana dengan keadaan dia yang kaya gitu, karena gue yakin orang-orang yang kaya gitu ampuh banget buat dijadiin motivasi. Kalo mereka yang kekurangan aja bisa, kenapa kita yang dikasih Allah lengkap tanpa kekurangan engga?




Yang masih belajar nulis,
Indah Palupi.

3 komentar: